Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.
Untuk menyiapkan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap yang akan dilaksanakan pada awal Maret 2022, MTs Al Ittihad Poncokusumo selaku ketua Sub Rayon, mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan soal PTS. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 22 Februari 2022 bertempat di MTs Al Ittihad Poncokusumo tepatnya berada di Aula lantai dua. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengawas madrasah yakni Bapak Drs.H.M. Zainuri, M.A, kepala madrasah, dan guru-guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) KKM MTs Al Ittihad sebanyak 165 orang.
Dokumentasi
Adapun tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah: (1) untuk menggali kualitas soal buatan guru. (2) membuat desain model soal yang menarik, dan (3) mampu mengembangkan soal dari kisi-kisi dengan bahasa fungsional yang tepat. Harapannya dengan soal yang mampu dibuat oleh guru di lingkungan sendiri akan lebih memahami batas kemampuan siswa dan mampu menunjukkan hasil/evaluasi yang lebih baik.
Dengan demikian kualitas seorang guru tidak hanya dilihat dari kemapuan mengajar saja, melainkan juga dilihat dalam mengevaluasi dan kemampuan menulis soal sebagai tolok ukur pembelajaran yang diberikan secara berkala.