• Header
  • Header
  • Header

Selamat Datang di Website MTs Al-Ittihad Malang | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Kontak Kami


MTs. Al-Ittihad Poncokusumo

NPSN : 20581305

Jl. Raya 01 Belung Poncokusumo Malang Telp. 0341787422


info@mtsalittihadmlg.sch.id

TLP : 0341-787422


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana Tentang Website MTs. Al-Ittihad .... ? Jawab :
Sempurna
Istimewa
Baik
Sederhana
  Lihat

Statistik


Total Hits : 86384
Pengunjung : 30476
Hari ini : 8
Hits hari ini : 33
Member Online :
IP : 54.82.79.109
Proxy : -
Browser : Opera Mini

UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL




Badan Standart Nasional Pendidikan (BNSP) menjelaskan bahwa penilaian adalah prosedur yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang prestasi atau kinerja peserta didik. Sedangkan dalam lampiran Permendiknas nomor 20 tahun 2007, dinyatakan bahwa Penilaian pendidikan merupakan  proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Dijelaskan juga bahwa Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan, bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran.


Penilaian hasil belajar oleh pendidik sebagaimana yang dinyatakan dalam PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan pasal 64  bahwa penilaian oleh pendidik  dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.


Selanjutnya dalam kurikulum 2013 pada permendikbud nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian menyatakan bahwa Penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk  mengukur  pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup:  penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi,  ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/madrasah.


Sebagaimana uraian diatas bahwa salah  satu rangkaian penilaian hasil belajar, adalah pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS). Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.



Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) di MTs. Al Ittihad dilaksanakan serentak bersama seluruh Madrasah Tsanawiyah yang berada dinaungan sub Rayon MTs Al Ittihd. Adapun madrasah tersebut yaitu, MTs. Al Hidayah Pandansari, MTs. NU Pakis, MTs. Sunan Ampel Ketitang, MTs. Diponegoro Tumpang, MTs. Islamiyah Jebug Pakis dan MTs. Miftahul Huda Duwet. Pelaksanaan serentak ini merupakan program forum kerja Kepala Madrasah Sub Rayon MTs. Al Ittihad Tahun pelajaran 2015-2016. 


Program tersebut selanjutnya ditindak lanjuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat Sub Rayon MTs. Al Ittihd dengan menyusun soal bersama. Pada Tahun Pelajaran 2015-2016 ini penyusunan soal bersama di fokuskan hanya pada kelas 7, dikarenakan terdapat perbedaan Implementasi kurikulum di beberapa madrasah. MTs Al Ittihad dan MTs NU Pakis telah menerapkan kurikulum 2013 lebih awal, yaitu mulai Tahun pelajaran  2014-2015 tahun yang lalu, sedangkan pada madrasah lainnya implementasi K-13 ini baru dilaksanakan tahun pelajaran 2015-2016.


Pelaksanaan ujian tengah semester (UTS)  yang dilaksanakan secara terpadu dalam satu Sub Rayon tahun ini merupakan langkah awal di sub rayon ini untuk menyatukan pemikiran sehingga dapat meningkatkan  kompetensi guru mata pelajaran khususnya dalam kompetensi penilaian, terutama dalam  penyusunan soal yang baik dan memenuhi standart kaidah  penyusunan soal. Selain itu  guru dapat memahami bahwa berdasarkan hasil  pelaksanaan Ujian Tengah Semester, seorang guru dapat mengetahui dengan pasti tingkat pencapaian prestasi belajar siswa yang dapat dianalisa untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran. Hal ini akan sangat berguna baik untuk peningkatan prestasi belajar peserta didik di masa depan maupun untuk proses perbaikan penyajian materi oleh guru yang bersangkutan.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas